Anak Kreatif Tak Mudah Menyerah

Si kecil perlu memiliki sejumlah karakter yang dapat ditempa sejak belia dengan bantuan orangtuanya. Pembangunan karakter sejak anak-anak akan menentukan seperti apa anak kelak. Sejumlah karakter tersebut di antaranya, berani, rajin, memiliki determinasi yang kuat, fokus pada tujuan, menikmati apa yang dilakukannya, komitmen, tangguh menghadapi tantangan, dan kreatif.

Psikolog anak Astrid Wulansari Emeline, MPsi mengatakan pembangunan karakter pada anak dapat dilakukan melalui berbagai permainan di rumah, selain juga orangtua harus mencontohkan langsung kepada anak. "Karakter menunjukkan siapa diri kita. Apa yang biasa dilakukan itu menunjukkan seperti apa kita nantinya," jelas Astrid kepada sejumlah media di KidZania, Pasific Place, Jakarta beberapa waktu lalu.

Salah satu karakter yang memiliki pengaruh kuat dan menjadi bekal bagi anak kelak adalah kreatif. "Cerdas belum tentu kreatif. Anak yang kreatif punya banyak jalan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Ia akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak mudah gagal. Ia juga terbiasa untuk mencari tahu jalan mana yang efektif, efisien, dan cocok setiap kali dihadapkan pada masalah karena kreativitas yang dimilikinya memunculkan banyak ide," jelas Astrid.

Anak yang kreatif, lanjut Astrid, tidak mudah menyerah. Berbekal ide segar selalu muncul darinya, dan inilah yang membuat anak tak pernah kehabisan akal. Kalau gagal mencoba dengan satu cara ia akan mencari cara lainnya. Karakter seperti ini, jika terasah dalam diri anak sejak belia, akan menjadikannya sebagai pribadi yang optimis, selalu positif melihat kegagalan, dan ia selalu punya cara untuk menyelesaikan masalah dengan cara original yang tak terpikirkan oleh orang lain sebelumnya.

Kalau kepribadian ini terbentuk sejak kecil, saat dewasa nanti anak Anda akan menjadi sosok yang lebih berani dan siap menjawab berbagai tantangan. Karena ia terbiasa melihat setiap masalah yang dihadapinya sebagai tantangan dan selalu tergerak mencari banyak alternatif setiap kali menghadapi masalah.

Untuk membantu anak mengasah karakter seperti ini, Anda dapat mendampingi anak dalam permainan yang melibatkan imajinasi untuk melatih kognitifnya agar ia mampu berpikir dan mencari solusi atas tantangan yang dihadapinya dalam permainan. Berbagai permainan yang membantu anak memelajari emosinya seperti menghadapi rasa takut dan lainnya juga bisa membantu si kecil membentuk karakter positif.

"Untuk mendapatkan anak kreatif, orangtua juga harus kreatif," jelasnya.

Bagaimana dengan Anda, ide kreatif apa yang muncul di kepala Anda saat ini untuk membantu anak tumbuh menjadi pribadi yang kreatif?

(Kompas.com/ Wardah Fazriyati)

Additional information