2 Panduan Memandikan Bayi

Memandikan bayi baru lahir bisa menjadi saat yang menakutkan, terutama bagi ibu baru. Tetapi sebenarnya dapat menjadi saat indah dan menyenangkan bagi Anda. Simak panduannya.

Frekuensi
Sebenarnya seberapa sering ibu harus memandikan bayi? Pertanyaan ini mungkin juga muncul di benak Anda. Mandi baik untuk bayi Anda, karena mandi bermanfaat untuk membersihkan tubuhnya dari kotoran (seperti urin, feses, keringat, air liur, sisa makanan) yang dapat mengiritasi kulitnya. Jika bayi sehat, mandikan dua kali sehari. Jika bayi Anda sakit, bersihkan tubuhnya dengan cara diseka dengan air hangat.

Durasi
Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan ibu untuk memandikan bayi? Sebaiknya memang jangan terlalu lama, cukup 5-10 menit saja. Untuk itu, siapkan semua perlengkapan mandi, pakaian, dan produk perawatan yang akan dipakai sebelum Anda menyiapkan bayi untuk mandi.

Gunakan air hangat dengan suhu 37 derajat Celcius dan sabun yang lembut. Anda dapat membiarkan bayi menikmati air hangatnya sebentar karena ia pasti akan sangat menyukainya.

Sumber: Buklet Panduan Merawat Bayi Johnson's.

 

Additional information